Selasa, 06 Oktober 2009

CDMA 2000 1x Vs CDMA 2000 1x Ev-DO

Akses data dengan CDMA2000 1x Vs CDMA2000 1xEV-DO

Disusun oleh :Iswahyuni Karnaen (4140412-071)
Diringkas oleh : Utami Sri Rahayu S (41407010007)


Code Division Multiple Access (CDMA) adalah salah satu teknik akses jamak (Multiple Access) yang memisahkan percakapan dalam domain kode, suatu teknik multiplek dimana teknik ini menawarkan beberapa kelebihan dibanding teknik multiplek yang lain seperti Frequency Division Multiple Access (FDMA) dan Time Division Multiple Access (TDMA). Teknologi ini asalnya dibuat untuk kepentingan militer, menggunakan kode digital yang unik, lebih baik daripada channel atau frekuensi RF.

Jaringan sistem CDMA memiliki kelebihan yang sangat penting dibandingkan dengan jaringan sistem yang lainnya.
1. Cakupan yang luas
Dalam sistem komunikasi bergerak perbandingan antara CDMA dan GSM secara teori radius cakupan CDMA 2 kali lebih luas dibandingkan dengan sistem GSM. Untuk mencakup area 1000 km2, dibutuhkan hanya 50 BTS pada sistem CDMA, tetapi pada sistem GSM dibutuhkan 200 BTS. Jumlah BTS yang lebih sedikit untuk area cakupan yang sama berarti pengurangan investasi peralatan yang besar bagi operator.
2. Kapasitas yang besar
Pada penggunaan spectrum yang sama kapasitas CDMA lebih besar 4-5 kali dari GSM
atau 10 kali dari teknologi yang masih menggunakan jaringan analog.
3. Kualitas suara yang tinggi
Sistem CDMA menjamin kualitas suara yang tinggi. Noise chip dapat secara dinamik mengatur kecepatan transmisi data dan memilih sebuah level yang berbeda untuk transmisi berdasarkan pada batas tingkatan yang sesuai.

CDMA2000 1xEV-DO

CDMA2000 1xEV-DO merupakan evolusi dari CDMA2000 dengan air interface yang optimazed untuk pengiriman data wireless berkecepatan tinggi (contoh: internet) ke terminal mobile dan fixed. 1xEV-DO juga menggunakan bandwidth 1.25 MHz per carrier.

CDMA2000 1xEV-DO Channel
Struktur kanal CDMA2000 1xEV-DO seperti terlihat pada gambar dibawah ini terdiri atas kanal forward dan kanal reverse. Kanal forward memberikan layanan daya maksimal setiap saat kepada pelanggan, yang dikirimkan oleh Base Transceiver Station (BTS) dan kemudian akan diterima oleh terminal akses Mobile Station (MS). Pada kanal reverse, dilakukan pengaturan data rate control untuk pengiriman kearah forward. Hal ini dilakukan karena pada system CDMA2000 1xEV-DO, Access Terminal (AT) yang menentukan besar data rate yang akan diterima dengan catatan Access Network (AN) mampu menyediakannya.


Mekanisme Pengiriman Data Paket Kecepatan Tinggi Berbasiskan CDMA 2000 1x EV-DO

Pada skema pengiriman data paket kecepatan tinggi berbasiskan teknologi selular CDMA 2000 1x EV-DO, Access Terminal (AT) mewakili MS, dan Access Network (AN) mewakili BS. Berikut ini merupakan mekanisme pengiriman data yang berawal dari PDSN server ke AT [3GPP2 A.S0001-A, 2000] adalah sebagai berikut:

a. PDSN mengirimkan paket data ke PCF.
b. PCF mengirimkan A9 BS service request message ke AN untuk melakukan request pelayanan paket dan memulai Tbsereq9.
c. AN merespon dengan A9 BS service respon. PCF menghentikan timer Tbsreq9 service respon message dan memulai timer Tnet_conn.
d. Pada kanal kontrol, AN mengirimkan page message ke AT.
e. AT memulai prosedur pembentukan hubungan (connection establishment) dengan AN.
f. Setelah kanal trafik terbentuk, AN mengirimkan A9-setup-A8-message ke PCF melalui Data Ready Indicator yang diset menjadi “ I “ untuk membentuk A8 connection dan memulai timer TAA8-setup. Ketika PCF menerima A9-setup- A8-message, maka timer Tnet_conn akan dihentikan.
g. PCF mengirimkan A-9-connect-A8-message ke AN. Pada saat menerima A9- connect-A8-message, maka timer TA8-setup akan dihentikan.
h. Hubungan telah terbentuk dan paket data dapat saling dikirim antara AT dan PDSN.

Dapat dilihat dari tabel dibawah ini perbandingan feature antara CDMA2000 1X dengan CDMA2000 1xEV-DO sebagai berikut:


Feature Item CDMA 2000 1X (1.25M) EV-DO(1.25M)
Servis Suara dan data Data saja
Transfer rate IS95<14.4kbps
1x<153.6 kbps/307.2 kbps FL<2.4 mbps/31 Mbps
RL<153.6 kbps/1.8 Mbps
Core network Berdasarkan ANSI-41 Berdasarkan pada wireless
Division multipiex CDM untuk keduanya Forward TDM + CDM
Reserve : CDM
Handofte Hard Handolf dan soft Handoft dalam FL,RL VHO dalam FL
Soft handoft dalam RL
Power Kontrol dan rate kontrol Fast Power control dalam FL,RL tidak rate control Rate Control,power Control dalam FL
Rate Control dalam RL



KESIMPULAN
Sistem komunikasi yang berbasis integrasi antara jaringan cdma2000 1x EV-DO dengan jeringan broadband wireless access dapat menjadi solusi bagi penyediaan akses
informasi untuk daerah perdesaan. Dengan beberapa keunggulan EV-DO seperti kecepatan data yang tinggi, area cakupan yang luas, efisiensi daya, serta pengembangannya yang mudah karena memiliki jalur migrasi yang jelas dan tidak memerlukan spektrum baru seperti halnya pada migrasi jaringan GSM, maka modal investasi dapat ditekan secara signifikan dan pengembangan proyek ini menjadi Sangay menjanjikan. Penambahan jaringan nirkabel pita lebar membuat akses ke pengguna menjadi lebih mudah, handal, dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar